Survey Pendapat Mengenai Media Sosial

Survey  Pendapat Mengenai Media Sosial

Kuesioner ini bertujuan untuk mereview penggunaan media sosial di masyarakat.

Silahkan berikan komentar anda, tentang fenomena penggunaan media sosial yang saat ini sedang berkembang, komentar boleh positif dan negatif.
Media sosial yang biasa digunakan dan bersifat app smartphone seperti BBM, WA, LINE, PATH, yahoo, We Chat, Chat On, omelet, INSTAGRAM, dsb
Data anda kami rahasiakan.
1.      Bagi anda apa kegunaan media sosial ?
Survey  Pendapat Mengenai Media Sosial
source:techno.id

Survey  Pendapat Mengenai Media Sosial

Jawab
Media Sosial merupakan salah satu media yang online yang memilki banyak para pengguna yang berada di seluruh dunia ini mudah untuk berbagi , berartisipasi dan juga membantu blog , membuat forum, pembuat wiki dan juga membuat dunia virtual. Seperti halnya yang kita ketahui bahwa jejaring sosial dan juga wiki serta blog adalah bentuk media sosial yang sering kali di gunakan oleh kebanyakan orang.

Sedangkan kegunaan Media Sosial sendiri menurut saya adalah :

a.      Menambah Kenalan.
Dengan media sosial kita bisa berkomunikasi dengan teman kita salah satunya dengan chatting yang biasanya ada pada fitur media sosial tersebut atau bisa juga menggunakan komentar dari postingan teman kita.
Kita juga bisa menambahkan pengguna lain dari  media sosial tersebut untuk menjadikan teman kita dengan cara Add atau invite. Dari situ kita bisa memperbanyak kenalan di media sosial.

b.      Sebagai Tempat Promosi atau Pemasaran.
Dengan media sosial kita bisa juga melakukan promosi bahkan berjualan, banyak para penjual yang menjajakan barang dagangannya menggunakan media sosial diantaranya lewat BBM, Facebook dsb. Mereka memanfaatkan media sosial untuk target pemasarannya karena sekarang media sosial banyak sekali penggunanya apalagi dengan adanya gadget sekarang yang harganya sangat terjangkau, tidak dari kalangan anak muda saja tapi orang tua, anak sekolah 70 % sudah menggunakan gadget dari situ lah banyak online marketer menggunakan media sosial menjadi tempat promosi atau pemasaran.

c.       Sebagai Forum Diskusi.
Forum Diskusi atau yang sering kita kenal adalah Grup/Komunitas.
Banyak sekumpulan orang menggunakan media sosial sebagai tempat untuk diskusi ataupun tanya jawab. Sebagai contoh adalah Grup Facebook, ini adalah pengalaman saya yang bergabung di grup Facebook Blogger Indonesia. Disitu saya bisa menanyakan tentang trik Blogging salah satunya adalah trik agar artikel blogg saya menjadi SEO.
Disitu juga kami sering berdiskusi seputar Blogging.

d.      Media Belajar.
Saya sendiri memanfaatkan media sosial sebagai tempat belajar yaitu dengan adanya fitur Grup/Komunitas dari media sosial tersebut, didalam grup saya bisa memposting sebuah pertanyaan dan member lain yang tau maka akan menjawabnya atau saya juga bisa membaca dari komentar member yang lain.

2.      Bagaimana pendapat anda tentang orang yang rajin update status ?
Update status di media sosial itu memang salah satu kegunaan utamanya, dengan adanya status dari mereka bisa kita jadikan bahan bacaan walaupun tentang kehidupan pribadinya tapi ada juga status yang bisa menjadi bahan pencerahan seperti status para motivator salah satunya adalah Bpk. Mario Teguh di Twitternya.

Survey  Pendapat Mengenai Media Sosial

3.      Manakah Media Sosial yang menurut anda menarik ? Sertakan Alasannya (boleh dituliskan lebih dari 1)
Media Sosial yang menurut saya paling menarik adalah Facebook.
Fitur pada Facebook menurut saya sangat lengkap salah satunya adalah Video Call, dengan Facebook kita bisa melakukan panggilan video kita juga bisa setting panggilan suara saja.
Dengan Facebook kita bisa juga mebuat FansPage, Komunitas, dan Grup.
Sebenarnya tidak dinilai dari hal di atas saja yang utama sebenarnya karena pengguna Facebook yang begitu banyak maka jika memanfaatkan facebook sebagai bahan belajar atau tempat promosi sangatlah tepat.

4.      Manakah Media Sosial yang menurut anda kurang menarik ? Sertakan Alasannya (boleh dituliskan lebih dari 1)
Media sosial yang kurang menarik menurut saya adalah Flick, Flickr mengharuskan anda mendaftar untuk menggunakan fasilitas yang disediakan. situs ini tidak menyediakan layanan edit oleh perusahaan mereka sendiri, untuk mengedit gambar mereka bekerja sama dengan Picnik. Akibatnya, proses pengeditan membutuhkan waktu yang sangat lama, bisa 10-20 kali.

5.      Bagaimana menurut pendapat anda orang yang hobi ganti foto atau upload foto ?
Upload foto di Sosmed menurut saya termasuk kretifitas, tentunya untuk foto yang menarik dengan adanya editaan ataupun penambahan efek pada foto tersebut. Orang yang suka upload foto menurut saya adalah salah satu bentuk hiburan mata agar beranda sosmed kita tidak hanya berisi status tapi ada juga foto yang menarik, lucu. Dari foto itu juga kita bisa belajar dan memahami desain nya untuk menambah ilmu desain grafis.

6.      Bagaimana sikap anda jika orang yang anda hormati menulis status atau mengupload foto yang kurang layak ?
Upload foto dan update status merupakan emosi atau ungkapan dari diri mereka, jika orang yang kita hormati upload atau update status yang kurang layak tentunya akan menurunkan harga dirinya bahkan bisa juga sedikit mengurangi kehormatan harga dirinya.



7.      Apakah anda rajin update status atau foto ? YA atau TIDAK tuliskan alasannya ?
TIDAK.  Media sosial bagi saya sudah tidak asing lagi apalagi kegiatan saya yang cukup padat, kuliah sambil bekerja jadi rasanya membuang waktu saja. Saya hanya memanfaatkan media sosial sebagai bahan informasi/bacaan saja.


8.      Media sosial apakah yang paling sering anda pakai ?
Saya sering menggunakan BBM dan Facebook. BBM saya memanfaatkannya sebagai media chatting, mengirim pesan karena lebih ekonomis dibanding menggunakan sms yang harus membayar pada setiap pesan yang saya kirim walaupun ada juga yang memberikan gratis sms setelah mengirim beberapa pesan, tetapi BBM menurut saya lebih irit biaya.
Facebook saya memanfaatkanya untuk Forum bertanya dan sebagai bahan informasi.


9.      Berapa kali sehari anda mengecek Smartphone anda ?
Hampir semua pesan atau media chatting saya menggunakan Smartphone, jadi saya sangat sering mengecek Smartphone saya setiap harinya.

1        Dalam Menulis status di media sosial, jika ada yang menulis status, status apakah yang paling anda sukai dan anda tidak sukai.
Status yang paling saya sukai adalah ketika mereka update berita ataupun tutorial dan status yang  saya tidak suka adalah status tentang pribadi individu seperti masalah mereka ataupun ststus tentang berita yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

1       Bagi anda apakah menulis status itu penting ? tuliskan alasannya.
Updte status sangatlah penting, tentunya status yang informatif, pengarahan, tutorial, solusi, motivasi ataupun pencerahan.

.          Bila ada kawan / group anda sharing berita, apakah anda senang atau tidak ? tuliskan alasan anda.
Semua status menyenangkan atau tidak tergantung dari isinya, jika status itu informatif tentunya akan sangat bermanfaat tapi ada juga status yang hanya iseng atau propokator, ini akan sangat tidak bermanfaat dan membuat hilangnya rasa hormat dari orang tersebut.


1       Dalam media sosial user seperti apakah yang menurut anda menarik ?
User Media Sosial yang baik biasanya mereka memberikan informasi berita menarik, atau kata kata motivator, memberikan komentar, pengarahan dari setiap pertanyaan user lain.

1        OS Handphone apa yang anda gunakan ? (Android, IOS, BB, WP, lainnya…)
Android, alasan saya mengapa menggunakan Android karena mempunyai kelebihan diantaranya :

a.      User Friendly – Kalimat ini sangat melekat pada sistem operasi Windows miliknya microsoft, ibaratnya kita dengan sangat mudah mengoprasikan komputer hanya dengan belajar beberapa hari bahkan beberapa jam saja, dan ini juga melekat pada Android yang berjalan pada Smartphone.
b.      Notifications – Anda dengan sangat mudah mendapatkan notifikasi dari smartphone android dengan mengatur beberapa akun Email, SMS , Voice Dial, Update dan lain sebagainya.
c.       Tampilan – Dari segi tampilan, Android tidak kalah bagusnya dari iOs miliknya Apple, karena memang dari awal android hampir mengusung teknologi iOs, hanya saja ini versi murahnya.
d.      Open Source – Operating system ini memang dibuat open source oleh penciptanya, karena memang berbasis kernel Linux. Jadi jangan kaget jika diluar sana ada banyak sekali Custom Rom untuk masing-masing perangkat android.
e.      Aplikasi – Untuk Aplikasi anda akan disajikan jutaan pilihan aplikasi yang menarik dari yang gratis hingga berbayar, dan anda bisa mendownloadnya di Google Play, siapa lagi kalau bukan miliknya Mbah Google.

1       Sejak usia berapa anda menggunakan smartphone ?
Usia 19 tahun saya baru menggunakan Smartphone, saya tertarik menggunakan smartphone karena keadaanya yang sedang booming pada saat itu sehingga saya ingin memiliki smartphone.

           Selain chatting apakah anda sering menggunakan fitur Call ? berikan alasannya dan berapa lama anda menggunakan.
Saya biasa menggunakan fitur Call dengan app Whatsapp, tidak terlalu sering penggunaanya karena membutuhkan koneksi internet yang kuat sehingga kadang kurang memuaskan jika kecepatan internet tidak kuat.

Survey  Pendapat Mengenai Media Sosial

1    Apa saran anda untuk para pengguna aplikasi media sosial dari berbagai aspek (nama, tulis status, upload foto dsb)
Saran saya untuk pengguna media sosial dari  beberap aspek :
a.      Nama: Hendaknya pengguna media sosial menggunakan nama asli mereka lebih tepatnya untuk mereka para online marketer. Ketika merek menjual dagangannya pastilah harus memperkenalkan dirinya kepada customer agar mereka merasa benar benar ada penanggung jawab atau bisa menghubungi atas kerusakan kualitas dari barang yang dibelinya.
b.      Status : Hendaknya pengguna media sosial menulis status yang informatif seperti berits ysng dspst dipertanggung jawabkan kebenarannya, status motivator, dsb.
c.       Foto : Upload foto yang menarik akan membuat user lain merasa terhibur, upload foto yang enak dilihat, tidak berisi foto potnografi atau kekerasan, sara.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Survey Pendapat Mengenai Media Sosial"

Post a Comment