Berapa Lama Review Ke 2 Mendaftar Google Adsense

Berapa Lama Review Ke 2 Mendaftar Google Adsense , Apa Yang Harus Dilakukan ?

Butuh berapa hari waktu mengajukan pendaftaran tahap ke 2 google adsense? Banyak blogger berharap harap cemas ketika harus melalui review tahap kedua mendaftarkan adsense, karena pada tahap ini kita di haruskan untuk menunggu keputusan di terima atau di tolaknya suatu blog untuk mendapatkan akun google adsense nonhosted.
Yaitu peningkatan dari akun hosted ke akun non hosted atau akun reguler, yang kode iklannya bisa di pasang untuk semua jenis blog (bukan hanya di blogspot saja). Proses tahap kedua ini biasanya yang paling sulit, karena banyak blogger yang tumbang dan berakhir dengan penolakan dari pihak google adsense. Dan ini menjadi mimpi buruk para blogger sampai saat ini.
Setelah selesai mendaftar akun google adsense melalui blog dan di verifikasi, kita sudah bisa mengakses dashboard akun adsense, kemudian kita di wajibkan untuk memasang unit iklan (kode iklan) yang terdapat di dashboard adsense ke dalam blog kita.
Setelah itu Tim google adsense akan memeriksa secara keseluruhan tentang kelayakan blog untuk mendaftar dan mengikuti program adsense, proses ini di sebut dengan review tahap 2.

Berapa Lama Review Ke 2 Mendaftar Google Adsense , Apa Yang Harus Dilakukan ?
source:jangsigma.net
  
Dalam proses pengajuan ini, kita harus memastikan kelayakan dan persyaratan sebuah blog untuk mendaftar adsense, karena pendaftaran kita belum di setujui sepenuhnya. Jadi kita harus menunggu proses review dari Tim google adsense untuk mendapatkan persetujuan penuh (full approved). Agar bisa menayangkan iklan adsense di blog kita.



Berapa Lama Review Ke 2 Mendaftar Google Adsense , Apa Yang Harus Dilakukan ?

Lama Review Ke 2 Mendaftar Google Adsense
Waktu untuk pengajuan pada tahap ke 2 ini biasanya berlangsung 2 – 3 hari (normal), akan tetapi bisa juga berlangsung lebih lama Tergantung antrian pengajuan dari calon publisher dari seluruh penjuru dunia.
Jadi kita harus bersabar menunggu dan jangan merubah atau melepas kode iklan selama belum ada pemberitahuan melalui email, di setujui atau di tolak. Selama proses ini, kita hanya menampilkan iklan kosong pada halaman blog kita.
Jika sudah di terima, maka halaman blog kita akan tampil iklan dari google adsense secara otomatis, hal ini biasanya ada pemberitahuan langsung dari email, bahwa anda sudah di setujui sepenuhnya dan dapat menampilkan iklan di blog anda.

Apakah proses review ini sampai berbulan bulan?
Ada kasus tertentu yang pernah di alami oleh calon publisher, yaitu belum ada pemberitahuan melalui email dari google adsense sampai berbulan bulan, tetapi kasus yang demikian jarang terjadi. Sekarang ini proses review google adsense terbilang cepat, apalagi untuk pengajuan yang pernah di tolak, hanya memerlukan waktu paling lambat 1 x 24 jam saja.
Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena saya pernah di tolak google adsense berkali kali.

Tips Agar proses review google adsense lebih cepat di proses.
Pastikan nama blog anda sudah tercantum di dashboard akun google adsense, periksa kembali untuk memastikan jika belum.
Pada dashboard akun google adsense anda klik gambar roda bergerigi (kanan atas), klik seting.
1. Buka menu site management
2. Masukkan nama blog anda.
Terakhir, klik add site.
Sekarang kita hanya bisa menunggu persetujuan dari Tim google adsense, banyak blogger yang galau menunggu waktu ini, banyak di antaranya hanya pasrah menunggu tanpa melakukan kegiatan apapun, padahal sebelumnya rajin posting tiap hari. Bahkan ada pula yang sibuk memeriksa email setiap jam. Ada lagi yang sampai tidak doyan makan dan lupa mandi wkwkwkk, siapa ya????.

Faktor keberuntungan
Jika ada yang mengatakan bahwa review tahap kedua ini hanya memerlukan beberapa jam (singkat) mungkin hanya faktor kebetulan saja (Hoki), sebab sampai sekarang ini masih jarang yang mengalami hal yang sedemikian, Hal ini juga pernah saya tulis dalam artikel pengalaman di terima google adsense, sewaktu saya mendaftar di negara tempat saya bekerja.
Jadi selama kita menunggu persetujuan dari Tim google adsense, kita bisa melakukan kegiatan seperti biasa, rutin posting artikel dan tetap bersemangat. Jika anda di tolak untuk saat ini, masih banyak kesempatan untuk mendaftar lagi dengan memperbaiki kesalahan yang di lampirkan melalui email penolakan.
Kita bisa mendaftar dengan email yang sama sampai berkali kali, sampai Tim google adsense memberi persetujuan penuh.

Apa Yang Harus Dilakukan Pada Tahap Review Kedua Adsense?

Jika sobat sampai saat ini masih menunggu email balasan dari pihak Google terkait pendaftaran sobat saat ini, maka ada baiknya sobat melakukan beberapa hal ini untuk mempercepat proses review tersebut.

1. Rubah Template Sobat Menggunakan Template Yang Sederhana

Google lebih suka dengan blog yang sederhana saat didaftarkan, tidak terlalu banyak desain atau terlalu rapih. Jika kita menggunakan template dan mendesain blog dengan sangat rapih, maka Google akan mengira kita adalah pengoleksi akun Adsense, dan yang dinilai oleh Google adalah isi konten bukan template blog kita. Bahkan jika kita melihat blog Linda Ikeji sampai saat ini blog tersebut masih menggunakan template bawaan blogger dan tidak terlalu banyak dikostum. 

2. Siapkan 5 Halaman Penting Ini Didalam Blog Anda

Selaian memilih template yang sederhana, maka sobat juga harus memiliki 5 halaman penting untuk menunjang diterima proses pendaftaran sobat, diantaranya :

a. Halaman About
b. Halaman Contact. 
c. Halaman Privacy Policy. 
d. Halaman Disclaimer

Cara membuat Privacy Policy dan  Disclaimer DISINI

e. Halaman Sitemap.

Cara Membuat Sitemap DISINI

Kelima halaman ini harus ada dan memang harus dibuat saat pertama kali membuat blog. Dan fungsinya bukan sekedar membuat blog profesional saja, melainkan memiliki peran penting untuk diterima atau tidak blog sobat oleh Google. 

Saran saya, jika selama ini sobat menggunakan menu untuk meletakkan link-link artikel atau label tertentu, lebih baik sobat gunakan untuk meletakkan kelima halaman tersebut didalam menu sobat, dan untuk-link-link label atau artikel sobat hapus terlebih dahulu. Atau sobat bisa juga meletakkan kelima halaman tersebut dibagian sidebar blog. 

3. 6 Widget Penting Yang Harus Ada Didalam Blog

Selain kelima halaman penting diatas, ada juga widget yang memang harus sobat siapkan untuk memenuhi persyaratan Google, diantaranya :

a. Widget Popular Post
b. Widget Google Plus (Profil) atau Google + Badge
c. Widget Contact
d. Widget Google Seach (Jangan gunakan kotak search kostum, lebih gunakan widget ini dahulu)
e. Widget Label
f. Widget Arsip Blog

Nah, letakkan semua widget yang telah saya sebutkan dibagian sidebar sobat semuanya, untuk widget yang lainnya silahkan tiadakan sementara dulu saat proses review, karena menuru saya Google tidak ingin dimadu atau di selingkuhi, jadi Google ingin semua yang ada didalam blog kita berasal alami dari bawaan blogger.

Saran saya, minimalisir berbagai jenis widget yang mengarah ke berbagai situs lain, seperti Alexa, Histats, atau widget-widget lain yang bukan disediakan secara langsung oleh Google.

4. Minimalisir Penggunakan Link Inbound

Kesalahan awal saat kita membangun blog adalah berharap semua artikel kita dibaca oleh pengunjung, sehingga tidak sedikit diantara kita yang meletakkan link terlalu banyak didalam satu halaman artikel, dan lebih buruknya lagi link tersebut tidak sesuai dengan pembahasan artikel kita. Dan ternyata ini akan dianggap tidak sesuai dengan kebijakan "webmaster tools" pada email yang dirimkan oleh pihak Google kepada kita.

Maka kurangilah link-link inbound yang ada didalam halaman artikel sobat, saran saya jangan melebihi dari dua link. Karena jika terlalu banyakpun para pengunjung blog akan sangat kebingungan jika harus bolak balik membaca dari satu artikel ke artikel lainnya.

5. Hindari Membuat Artikel Review atau Affiliasi

Pada kesempatan yang lalu saya sempat menulis sebuah artikel review tentang BliBli.com dan sekarang artikel tersebut saya hapus. Saat mendaftar Google Adsense, Google tidak suka dengan artikel yang membanging-bandingkan produk satu dengan lainnya, sehingga alangkah baiknya artikel ini dihapus atau jangan dibuat terlebih dulu, jika sudah terlanjur dibuat, sobat bisa mengeditnya dan dikembalikan ke dalam draft blog sementara, jika sudah diterima sobat bisa publish kembali artikel tersebut.

Selain artikel review, ternyata saya mendapat beberapa referensi dari sahabat saya untuk tidak membuat artikel program affiliasi.

Seperti contaoh : Sobat mengikuti  program affiliasi dari si A, kemudian sobat membuat sebuah artikel review produk si A dan memberikan link yang disertai kode Affiliasi yang diberikan oleh si A kepada Anda.


Maka hindarilah artikel ini untuk proses awal pendaftaran, sekali lagi saya ingatkan bahwa Google tidak ingin dimadu. Jadi kita harus berhati-hati.

6. Jangan Gunakan Short Link Pihak Ke-3

Entah apa namanya, namun saya menyebutnya sebagai pihak ke-3. Mungkin Anda kenal dengan situs short link yang dapat menghasilkan uang (dollar) seperti contohnya adalah Adf.ly dan beberapa situs lainnya. Situs Adf.ly ini sangat familiar sekali di Indonesia, selain kita bisa membuat link menjadi lebih pendek, link tersebut jika diklik akan memberikan keuntungan bagi kita.

Dan ternyata cara ini dianggap akan "membingungkan pengunjung, silahkan siapkan menu navigasi" oleh Google kepada kita melalui emailnya. Pada awalnya saya menggunakan situs tersebut, tapi sekarang sudah saya hapus dan saya ganti dengan link yang asli.

7. Perbaiki Isi Konten

Selama dalam masa review, blog kita sedang diawasi oleh Google, karena Google selalu cermat dalam memilih calon publishernya. Oleh sebab itu, tunjukkanlah keseriusan Anda melalui isi konten Anda, yakni dengan cara memperbaiki kesemua isinya, dari mulai penulisan hingga banyak kata yang digunakan. Jika sobat menerapkan beberapa pengalaman saya diatas, insya Allah jika memang rizqi untuk Anda, saya yakin bisa diterima.

Selain itu, updatelah terus blog Anda dengan konten-konten yang berkualitas dan hasil karya Anda sendiri. Hindari menulis dari hasil copy paste milik orang lain, karena hal ini akan membuat Anda tidak bisa kreatif dalam jangka panjang.

Sukses menjadi blogger tidak hanya lulus dalam masa pendaftaran Google Adsense saja, tapi kita harus membuktikan bahwa melalui Adsense kita bisa berkarya dan yang pastinya bisa mendapat pundi-pundi dollar yang Anda idam-idamkan selama ini.

Demikian beberapa pertanyaan yang menyangkut Berapa Lama Review Ke 2 Mendaftar Google Adsense , Apa Yang Harus Dilakukan ?, semoga anda bersabar dan tidak mudah menyerah untuk mendapatkan akun google adsense.
Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Berapa Lama Review Ke 2 Mendaftar Google Adsense"

  1. Sangat bermanfaat artikel ini mas .. terimakasih banyak

    ReplyDelete
  2. Wah kalo melanggar hal di atas dapat berakibat buruk pada blog ya :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog tidak akan ada masalah, tpi dengan adsense kita akan bermasalah, hhehe

      Delete